Senin, 15 Agustus 2011

Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan

1.Pengertian sosiologi menurut tokoh tokoh
A. Albion Woodburry Small (11 mei 1854-24  Maret 1926)
albion woodburry small mengemukakan sosiologi sebagai kepentingan sosial yang menyatakan bahwa kepentingan berada ditangan manusia pribadi maupun kelompok dan dapat dikategorikan kedalam masalah masalah seperti kesehatan, kekayaan, pengetahuan, kebenaran dan sebagainya. Masyarakat dianggap sebagai hasil kegiatan manusia untuk memenuhi kepentingan kepentingannya.

B. George Simmel
menurut simmel sosiologi adalah :
a.sosiologi adalah ilmu pengetahuan khusus yang merupakan satu - satunya ilmu analisis yang abstrak diantara semua ilmu kemasyarakatan.
b. Secara spesifik sosiologi adalah ilmu yang mempelajari kedinamisan bentuk proses kebudayaan yang menekankan hubungan interaksi sosial antar individu atau antar masyarakat dimana keduanya adalah unsur yang saling ketergantungan dan saling mempengaruhi

C.Emile durkheim
sosiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari fakta fakta sosial, yakni fakta yang mengandung cara bertindak, berfikir, berperasaan yang berada di luar individu dimana fakta fakta tersebut memiliki kekuatan untuk mengendalikan individu.
D. Herbert Spencer (1876)
Di inggris herbert spencer mempublikasikan Sosiologi dan memperkenalkan pendekatan anlogi organik, yang memahami masyarakat seperti tubuh manusia, sebagai suatu organisai yang terdiri atas bagian - bagian yang tergantung satu sama lain.

E. ibnu Khaldun (1332 - 1406)
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang solidaritas sosial. Teori pokoknya dalam sosiologi umum dan politik adalah konsep ashabiyah  (solidaritas sosial). Asal usul solidaritas sosial adalah ikatan darah yang disertai kedekatan hidup bersama.

F. William Fielding Ogburn

Sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasil yang sebenarnya yaitu organisasi sosial.

G. Alexs Inkeles (1965)
Sosiologi dikatakan sebagai ilmu yang mempelajari hubungan sosial, institusi sosial dan masyarakat

H. August Comte
August Comte menciptakan iistilah sosiologi, pada tahun 1839 terhadap keseluruhan pengetahuan manusia mengenai kehidupan bermasyarakatan, maka lahirlah sosiologi sebagai ilmu pengetahuan.Comte berpendapat bahwa tingkah laku sosial dan kejadian di masyarakat dapat diamati dan di ukur. August Comte di juluki sebagai Bapak Sosiologi.

I. Selo Soemardjan dan soelaiman Soemardi
sosiologi adalah ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses - proses sosial termasuk perubahan perubahan sosial.

J. Mayor Polak
sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari masyarakat sebagai keseluruhan, yakni antar hubungan di antara manusia dengan kelompok, kelompok dengan kelompok baik formal maupun material, statistis maupun dinamis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar